Tuesday, November 6, 2012

Kostum sebagai Alat Komunikasi dalam Period Movie


Kostum sebagai Alat Komunikasi dalam Period Movie


     Istilah “Period Movie” digunakan untuk mengelompokkan film-film yang bersetting jaman dahulu, entah itu kisah pada jaman PD I, Revolusi Industri, Revolusi Perancis, atau bahkan jaman dimana kerajaan-kerajaan tersebar luas di segala penjuru dunia. Salah satu contoh yang paling bisa menjelaskan karakter period movie antara lain film-film dari karya novelis Jane Austen (Pride & Prejudice, Persuasion,dll), karya-karya Shakespear (Romeo & Juliet,dll), atau film seri seperti The Tudors, bahkan film prasejarah seperti 10.000 BC, The Three Musketeers, dan TROY juga merupakan period movie. Kostum dalam berbagai jenis film memang memegang peran yang penting. Namun dalam period movie, kostum pada setting jamanya belum begitu beragam sehingga jenis dan bentuk kostum yang digunakan dalam setiap karakter amat berbeda dengan film-film yang bersetting jaman sekarang. Kostum pada period movie menunjukkan jaman film tersebut, tempat asal sang karakter, serta lebih dalam lagi yaitu status sosial, kelas serta sifat si karakter. Amat berbeda dengan kostum yang digunakan film bersetting jaman sekarang, ragam bentuk dan jenis kostum yang digunakan dapat dipakai semua pihak tanpa batasan ras dan tidak asing di mata para penonton yang memang hidup di jaman yang sama seperti di film.
     Karena para penonton dan period movie berada pada jaman yang berbeda, kostum digunakan untuk mempermudah komunikasi antara penonton dan sang karakter. Seperti contoh, dalam film The Three Musketeers tahun 2011, Aramis yang seorang pendeta selalu mengenakan aksen salib pada setiap kostumnya dan corak pada kostumnya tidak begitu mencolok dibanding D'Artagnan yang masih remaja dan bersifat bebas. Dalam film TROY, kostum yang dikenakan masyarakat Troy dan Sparta menggunakan bentuk dan warna berbeda, ini menunjukkan daerah mereka yang pada jaman itu menggunakan pakaian tradisional berbeda. Dengan berbedanya jenis kostum kita dapat dengan mudah mengenal sebuah karakter dalam period movie.
     Kostum memang memegang peran penting, namun dalam period movie, kostum merupakan salah satu alat bantu komunikasi antara penonton dan karakter dalam film. Jaman yang dipakai dalam period movie pada kenyataannya juga menggunakan pakaian atau fashion sebagai identitas sosial dan karakter manusia, berbeda dengan jaman sekarang dimana jenis pakaian secara umum dapat dipakai oleh berbagai masyarakat dari berbagai negara. Jaman sekarang setiap masyarakat bebas mengenakan pakaian apa saja, berbeda dengan jaman dahulu, dimana calana hanya boleh dipakai oleh kaum lelaki dan perhiasan emas hanya dapat dipakai kaum aristokrat. Perbedaan inilah yang membuat kostum dalam period movie berubah menjadi alat bantu komunikasi bagi penonton. Aneka ragam kostum dalam period movie juga dapat membantu penonton mengenal jaman mana yang dipakai sebagai setting dalam period movie. Apakah film tersebut berjaman PD I,II, ataukah jaman prasejarah, dapat dengan mudah kita kenal lewat jenis dan ragam kostum yang dipakai oleh setiap karakter dalam film tersebut.  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post a Comment