Tuesday, November 6, 2012

Young Adult


Young Adult


     Young Adult, sebuah film karya penulis ternama Diablo Cody. Kalian mungkin pernah mendengar film sebelumnya, JUNO. Yup, Diablo Cody memang bukan yang menyutradarai film tersebut, tapi ia yang menulis naskah cerita nya. Sama seperti JUNO, ia kembali berperan sebagai penulis naskah dalam film terbaru berjudul Young Adult.
     Film yang dibintangi oleh Charlize Theron ini mengisahkan seorang tokoh yang amat sangat kebingungan, kesepian, dan tidak bahagia. Malvis Gary, seorang wanita berusia 37 tahun, penulis novel, berwajah cantik, tinggi semampai, dan modis. Dalam gambaran awal film, terlihat bahwa tokoh ini yang diperankan sangat baik oleh Theron hidup dalam kesendirian, dan kecanduannya pada minuman beralkohol. Situasi pun berubah ketika ia menerima e-mail dari mantan kekasihnya semasa SMA, Buddy Slade. Buddy mengirimkan foto anak perempuannya yang baru lahir. Serentak Malvis merasa ingin kembali ke kehidupannya yang lama dan mengejar mantan pacarnya yang saat ini telah hidup berumah tangga dengan bahagia.
     Selama perjalanannya Malvis memenuhi otaknya dengan memori-memori masa lalu yang dianggapnya sempurna. Ia dengan sengaja menjebak dirinya ke dalam kenangan-kenangan bahagia yang telah lama berlalu. Setelah ia sampai di kota kecil tempat Malvis tumbuh besar, ia kembali bertemu orang-orang yang mengagumi dirinya semasa SMA. Malvis Gary, amat populer sebagai gadis tercantik di sekolahnya, ia mengencani banyak pria-pria atlit, namun diantara semua pria itu, Buddy Slade adalah pangeran berkuda putih miliknya. Malvis kembali mencoba segenap upayanya untuk mengambil Buddy kembali yang dianggapnya tidak bahagia. Ia membela segala perbuatannya dengan menyatakan bahwa ia berusaha menyelamatkan Buddy dari jerat pernikahan dan pekerjaan membosankan sebagai seorang ayah. Namun yang tidak dilihat Malvis adalah Buddy benar-benar mencintai Beth, istrinya dan amat mencintai anak perempuannya.Sedikit saja perilaku baik yang dilakukan Buddy terhadap Malvis, segera dimanipulasikan oleh Malvis.
     Sekilas terlihat tokoh utama dalam cerita ini yaitu Malvis Gary, amat jahat dan berusaha mengganggu pernikahan orang lain. Namun jika dilihat lebih jauh lagi, tokoh ini hanya sedang terjatuh dalam masalah yang amat pelik. Ia berusaha untuk bangkit, mencari kebahagiaan namun hal itu hanya membuatnya jatuh lebih jauh ke dalam kebahagiaan masa lalu. Tokoh ini dapat berarti siapa saja di dunia ini, ia dapat merepresentasikan siapa saja di lingkungan kita, atau bahkan kita sendiri. Dalam tagline film ini “Everyone gets old. Not everyone grows up” menjelaskan inti cerita ini. Bersikap dewasa bukan berarti hanya fisik dan umur yang menjadi ukuran. Namun bagaimana kita melepaskan masa lalu dan hidup dengan apa yang ada saat ini dan berusaha sebaik mungkin membentuk masa depan.
     Seperti dalam judulnya “Young Adult” dimana nama ini sebenarnya merupakan genre novel yang diperuntukkan untuk remaja namun lebih dewasa dari segi cerita. Young Adult juga merunjuk pada sang tokoh, dimana ia telah dianggap wanita dewasa dari segi umur dan fisik, namun masih kanak-kanak secara mental. Kembali Diablo Cody menciptakan karakter utama yang berlawanan sifat dalam satu tokoh. Juno yang mengemban tugas sebagai seorang ibu di usia muda, dan Malvis Gari seorang wanita dewasa bermental remaja. Dua tokoh ini merupakan tokoh nyata di kehidupan manusia. Konflik, drama, kisah cinta, dan permasalahan yang dialami semua orang. Diablo Cody, kembali membuat sebuah kisah yang dapat diambil pelajarannya oleh semua orang di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.